Senin, 23 April 2012

Generasi Iwak Peyek

Nabi nuh, nabi Allah...
Ratusan tahun usianya
Berdakwah, tak pernah lelah
walau sedikit pengikutnya...

Ini sepenggal nyanyian anak kecil yang saya jumpai beberapa waktu yang lalu. Liriknya sederhana namun sarat dengan makna keteladanan yang mendalam. Ini berbeda dengan lagu yang dinyanyikan oleh anak-anak kebanyakan saat ini. Mereka banyak menyanyikan lagu-lagu yang dinyanyikan oleh orang dewasa, yang memang itu diperuntukkan bagi orang dewasa. Seperti lagu Love u so much dari sebuah girlsband yang ada di tanah air. Atau lagu dangdut koplo seperti iwak peyek.

Sungguh miris melihat kenyataan ini.Anak yang notabene menjadi calon generasi bangsa dirusak perlahan-lahan dengan lagu yang tidak mendidik bahkan mengajarkan yang tidak senonoh. Lihat saja beberapa lagu dangdut koplo yang banyak diminati anak-anak cenderung menonjolkan sensualitas baik dari sisi penampilan maupun dari lirik lagunya. Dan apa yang dilakukan masyarakat? Kebanyakan dari mereka cenderung menertawakan anak-anak yang meniru lagu dan gerakan dari sang penyanyi. Inilah tingkat ketidak pedulian masyarakat kepada generasi. Di sisi lain bagaimana dengan peran negara. Negarapun seolah membiarkan menjamurnya industri lagu-lagu seronok ini. Tidak ada edukasi yang diberikan kepada anak-anak maupun orang tua anak.Dengan kondisi yang seperti ini maka jangan salahkan jika nanti akan lahir generasi iwak peyek.

Selain itu permasalahan anak ternyata tidak sebatas itu. Banyak anak yang 'dibiarkan' putus sekolah, kurang gizi, serta bertindak kekerasan dan kriminalitas seperti tawuran. Tidak ada upaya tegas pemerintah dalam menanggulanginya. Jika semua ini berlanjut, maka jangan harap Indonesia akan menjadi negara maju dengan generasi penerus yang handal

Generasi yang tangguh akan lahir dari individu yang punya ketaatan tinggi terhadap Alloh, dengan masyarakat yang saling menasehati, dan pemerintah yang tidak abai terhadap rakyatnya dan terhadap hukum ALloh. Pemerintah Islam (baca: Khilafah Islamiyah) telah berhasil mencetak generasi tangguh yang tidak hanya taat pada seluruh aturan Alloh, tapi peduli terhadap permaslahan umat dan mampu menyelesaikan permasalahan bangsa.

Tidak ada komentar: